Kemu'jizatan Al-Qur'an

Kemu’jizatan Al-Qur’an akan nampak bila kita mencermatinya dengan seksama, dan terlihat dari sisi-sisi berikut:
  1. Lafadz dan susunan kalimatnya, yang menunjukkan ketinggian nilai bahasanya dan kefasihannya yang tidak dapat dijangkau oleh siapapun dari kalangan ahli bahasa dan syair.
  2. Kandungan hukum dan syariatnya yang sesuai dengan keadaan hidup manusia sampai akhir zaman, dengan menerap-kannya dapat menghantarkan kepada kebahagiaan dunia dan akhirat.
  3. Berita-berita yang terkan-dung didalamnya baik tentang masa lalu ataupun masa akan datang dari perkara-perkara ghaib.
  4. Isyarat untuk memper-hatikan keadaan alam semesta baik apa yang ada dilangit maupun yang ada dibumi, bahkan pada diri manusia dan proses penciptaannya yang dengan jelas akan membuktikan bahwa Al-Qur’an datang dari Allah Subhanahu Wa Ta’ala , Dzat Maha Mampu untuk melakukan segala sesuatu.

Bila kita memperhatikan semua ini maka insya Allah akan semakin mantaplah keimanan kita terhadap Al-Qur’an dan kelezatan dalam membacanya sehingga akan tumbuh kerinduan untuk terus membacanya dan kerinduan untuk berjumpa dengan Dzat yang berfirman dengannya (Allah Subhanahu Wa Ta’ala) dan tumbuh keinginan untuk mengkaji kandungannya yang merupakan maksud dari diturunkannya Al-Qur’an serta keinginan untuk menerapkan hukum-hukum yang terkandung didalamnya.

Previous
Next Post »