Surat Al-Insyirah (Alam Nasyrah)

Surat Al Insyirah atau biasa dikenal dengan surah Alam Nasroh merupakan surat ke 94 dalam Al-Quran dan masuk dalam golongan juz amma sebagai salah sau surat surat pendek yang cukup sering dibaca. 

Surat Al-Insyirah hanya terdiri dari 8 ayat saja dan diturunkan di kota mekkah sehingga termasuk kedalam golongan surat surah makkiyah. Qs Al Insyirah sendiri jika diartikan berarti "Kelapangan". Sedangkan waktu turunnya adalah setelah surat Ad-Dhuha. 

Meski terdiri hanya 8 ayat saja, namun sebenarnya banyak sekali makna dan isi kandungan dari Qs Al Insyirah ini. salah satu diantaranya adalah menerangkan bahwa ALLAH SWT memotivasi moral dan perjuangan Nabi Muhammad SAW selaku manusia sempurna.

Terjemah Surat Al-Insyirah

  1. Bukankah Kami telah melapangkan untukmu dadamu?
  2. Dan Kami telah menghilangkan daripadamu bebanmu
  3. Yang memberatkan punggungmu?
  4. Dan Kami tinggikan bagimu sebutan (nama)mu
  5. Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan
  6. Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan
  7. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain
  8. Dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap.

Isi Kandungan Surah Al-Insyirah
  1. Allah menghibur Nabi Muhammad dalam memperjuangkan agama islam dengan segala cobaan yang diterima karena sebagai manusia beliau juga mengalami kesedihan dan kepedihan. 
  2. Allah memberikan pengharagaan pada Nabi Muhammad berupa: a) Nama Nabi Muhammad Disejajarkan dengan Allah  dalam kalimat syahadat, b) Nabi Muhammad menjadi suri tauladan bagi seluruh umat islam, c) seseoarang tidak dianggap beriman bila tidak beriman pada Nabi Muhammad.
  3. Dalam ayat ini allah memberikan motivasi pada Nabi Muhammad SAW bahwa perjuanganya pasti ada hasilnya. Terbukti pada Tahun 8 H kota Mekah ditaklukan oleh kaum muslim.       
  4. Allah memerintahkan agar setelah selesai satu urusan tidaklah berdiam diri, melainkan untuk segera melakukan kegiatan lain secara bersungguh-sungguh. Allah menjelaskan bahwa keberhasilan usaha terletak pada keridaan Allah, untuk itu kita diharuskan memohon dan besandar pada Allah dan hanya Allah tempat kita berharap.                    
Previous
Next Post »